{{ message }}

Cara Membuat Aplikasi Android Hanya Dengan HTML 5 Menggunakan Cordova

02/08/2017 | Web Tools
Cara Membuat Aplikasi Android Hanya Dengan HTML 5 Menggunakan Cordova

dsPerkembangan teknologi web yg telah kian pesat dan cepat membawa kita para developer semakin mudah untuk membuat sebuah aplikasi. Kali ini adalah cara membuat Aplikasi Android (*.apk) yg cukup kita tulis dengan teknologi HTML 5 (HTML, CSS, Javascript). Ini sangat memudahkan developer terutama yg sudah lama memahami pemrograman web, jadi tidak perlu susah-susah lagi belajar Java dan bahasa markup Android yg memiliki perbedaan dengan HTML.

Kita akan membahas salah satu tools yg dapat digunakan untuk membuat hybrid application yaitu Apache Cordova. Saya sebut hybrid disini sebenarnya karena bukan hanya dapat membuat aplikasi Android saja tapi bahkan bisa untuk membuat aplikasi mobile berbasis OS selain Android misalnya aplikasi iOS. Cordova dapat membantu kita untuk mengkompilasi aplikasi Android, iOS dan OS lain hanya dari satu source code yg sama.

Pembahasan kali ini dimulai dari apa saja yg perlu diinstal dikomputer Anda, karena ada beberapa software terkait yg perlu diinstall agar Cordova dapat berjalan dengan baik. Setelah semua terinstall maka baru kita akan membahas bagaimana cara mengkompilasi source code HTML 5 Anda menjadi apk. Saya asumsikan Anda menggunakan Sistem Operasi Windows di komputer Anda, berikut ini software-software yg perlu diinstall;

Java Development Kit (JDK)

Karena target yg mau kita kompilasi adalah Aplikasi Android, maka diperlukan compiler Java. Karena pada dasarnya semua software yg ada di Android pada tingkatan aplikasi adalah berbasis Java. Cordova hanya melakukan penyesuaian agar HTML 5 dapat berjalan di platform Java.

Silakan download JDK terbaru di website resmi Oracle ini, lalu installah JDK di komputer Anda.

Perlu di garis bawahi bahwa yg harus Anda download dan install adalah JDK jangan JRE, soalnya kita mau mengkompilasi source code kita menjadi bytecode Java.

Android SDK

Java JDK hanya diperlukan untuk mengkompilasi ke bytecode sedangkan kita tetap memerlukan Android SDK agar dapat menyesuaikan hasil kompilasi ke target Android versi berapanya. Java JDK sendiri tidak dapat mengkompilasi hingga menjadi apk melainkan Android SDK-lah yg membuatnya menjadi apk.

Sekarang Anda dapat men-download Android SDK disini, di link tersebut adalah area download untuk Android Studio. Sebenarnya Anda tidak perlu menginstall Android Studio yg perlu Anda install adalah Android SDKnya saja, karena itu carilah link download Android SDK di situ biasanya yg paling bawah yaitu area “Get just the command line tools” atau link downloadnya pada saat ini adalah dengan men-download Android SDK langsung disini.

Setelah berhasil di download silakan install di komputer Anda. Jika proses instalasi telah selesai bukalah Android Manager lalu ceklistlah versi Android mana yg mau Anda gunakan, lalu tekan install. Instalasi ini akan memakan waktu karena langsung melalui internet, pastikan koneksi internet Anda stabil.

Kalau Android Manager tidak ditemukan setelah Android SDK terinstall Anda dapat mencarinya di folder program files, kalau di komputer saya tersimpan di “C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk” di dalam tersebut ada “SDK Manager.exe”, bukalah file tersebut lalu ceklistlah beberapa paket yg perlu diinstal dan tekan tombol install packages.

NodeJS & NPM

Sebenarnya yg paling diperlukan disini adalah NPM miliknya NodeJS. Karena berdasarkan quick start guide resminya Apache Cordova, untuk menginstall Cordova adalah menggunakan NPM. NPM adalah manager penginstallan paket miliknya NodeJS. Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan NPM Anda dapat melihat tutorial cara menggunakan NPM disini.

Silakan download NodeJS di situs resminya disini, setelah Anda menginstall NodeJS di komputer Anda, maka otomatis NPM pun ikut terinstall.

Cordova

Yang terakhir kita perlu install  adalah Cordova sendiri, jika Java adalah compiler bytecodenya sedangkan Android SDK adalah untuk membuat apk. Maka Cordova digunakan untuk menyesuaikan HTML 5 menjadi aplikasi Android apk.

Sebelum menginstal Cordova pastikan Anda telah selesai menginstall NodeJS & NPM. Karena penginstalan Cordova dilakukan secara online (tersambung dengan internet) menggunakan perintah NPM. Untuk menginstal Cordova bukalah Command Prompt Anda lalu ketikan perintah dibawah ini;

npm install -g cordova

Cara Membuat Aplikasi Android

Setelah 5 software diatas terinstal dengan baik maka Anda telah siap untuk membuat aplikasi Android. Pertama-tama buka command prompt Anda. Kita akan mencoba membuat sebuah project Android baru caranya ketikan perintah berikut ini;

cordova create namaaplikasi

Setelah menjalankan perintah tersebut maka Cordova akan membuatkan sebuah folder project yg berisikan segala yg dibutuhkan dengan nama “namaaplikasi”. Cobalah lihat isi folder tersebut dengan Windows Explorer, lalu Anda akan menemukan folder www di dalamnya.

Di dalam folder www inilah Anda dapat mengedit dan membuat aplikasi Android Anda layaknya Anda mengedit sebuah web. Di dalam folder tersebut terdapat file index.html yaitu file yg pertama kali akan dipanggil, Anda dapat mencoba mengeditnya dengan text editor kesayangan Anda.

Setelah folder project aplikasi telah terbuat maka sekarang kita akan mencoba mengcompile aplikasi yg terbuat dari web tersebut menjadi apk. Caranya masuklah ke direktori “namaaplikasi” menggunakan Command Prompt;

cd namaaplikasi

Lalu kita masukan dulu platform Android ke dalam project, caranya adalah dengan perintah berikut;

cordova platform add android

Jika perintah tersebut gagal biasanya ada yg kurang ketika Anda menginstal paket dengan Android SDK Manager. Jika hal ini terjadi maka buka kembali Android SDK Manager lalu ceklist paket yg diperlukan dan tekan install. Lalu ulangi kembali perintah add platform diatas. Jika berhasil tahap selanjutnya adalah membuat apk, perintahnya adalah sebagai berikut;

cordova build android

Jika perintah tersebut gagal, biasanya karena Windows belum mengetahui Android SDK Anda terinstall dimana. Maka itu dapat diselesaikan dengan cara, carilah folder Android SDK di komputer Anda lalu ketikan perintah berikut;

set ANDROID_HOME=C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk
 

Kebetulan Android SDK saya terinstall di “C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk” silakan sesuaikan perintah diatas dengan lokasi Android SDK Anda. jika sudah ulangi kembali perintah build android tadi. Jika berhasil maka file apk Anda akan terbentuk di folder “app\platforms\android\build\outputs\apk\android-debug.apk”. Setelah itu Anda dapat mencobanya di handphone Android Anda dengan mengcopykan file apk tersebut ke ponsel Anda dan menginstallnya. Lalu cobalah menjalankan aplikasi Android pertama buatan Anda dengan membukanya dimenu Android Anda.

Demikianlah cara membuat aplikasi Android dengan Cordova. Silakan bertanya melalui form komentar Facebook dibawah ini, jika Anda mengalami kesulitan.